Sabtu, 16 Maret 2013

Atom: apa itu atom?

Halo semuanya, uda lama gak nge post ya, saya lagi seneng sama film-film fiksi ilmiah ni (terutama ironman), kayanya gamers yang lain juga kan? terkadang alur cerita yang kita saksikan suka sedikit rusak di kepala karena kita pusing sama teori sains yang ada di dalem film tersebut, hehehe. Untuk alasan itu ayo kita baca artikel ini biar secara cepat kita bisa ngerti apa si yang orang2 di film itu omongin, dimulai dari atom.

Apa itu atom?

Orang-orang pinter bilang atom itu unit materi terkecil yang terdiri dari inti atom (nukleus) dan kulit atom. nukleus tersusun atas proton dan neutron sedangkan kulit atom terdiri dari susunan elektron.

Bagaimana bentuk atom?


Seperti pada gambar diatas, proton yang bermuatan positif dan neutron yang bermuatan netral cuma diem doang di tengah membentuk inti atom. Beda ceritanya dengan elektron yang bermuatan negatif, mereka cenderung dapat dengan mudah berpindah dari posisi mereka.
Kulit atom terdiri dari satu atau lebih lapisan (kaya bawang isi kacang) tergantung dari jumlah proton. Tiap lapisan memiliki jumlah ruangan yang berbeda. Semakin luar sisi kulit atom semakin banyak ruangan pada kulit atom tersebut. Ruangan tersebut adalah ruangan bagi para elektron bersemayam, tiap ruangan dapat maksimal berisi dua elektron (bayangin aja peti mati queen size)

Karakteristik atom?

Atom memiliki sifat yang sama rumitnya dengan perasaan wanita, hahaha. Sifat atom bervariasi berdasarkan jumlah proton, neutron dan elektron. Sebuah atom dapat memiliki kecenderungan bermuatan negatif atau positif, hal ini yang pada umumnya menyebabkan atom dapat membentuk ikatan satu sama lain.

Untuk memberikan ciri pada satu jenis atom, atom diberi nama berdasarkan jumlah proton dan neutron pada nukleus, nilai kombinasi keduanya disebut sebut elemen (trust me it works!). Nah, elemen tersebut biar mudah dihafal diberi simbol, seperti contoh dibawah ini:

X = Nama simbol elemen (H, Cl, N)
Z = Massa atom, yaitu jumlah proton dan neutron yang ada di nukleus
A = Nomor atom, yaitu Jumlah proton yang ada di nukleus

Contoh: 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar